mural
homeforward
5 Tips Ajukan Kredit Laptop Online dan Cara Hitungnya!

5 Tips Ajukan Kredit Laptop Online dan Cara Hitungnya!

Ingin kredit laptop online? Kredit online bisa menjadi solusi buat kamu yang perlu mengganti laptop tapi masih terbatas masalah dana. Sebab, kredit online tidak menerapkan syarat-syarat yang sulit dan prosedurnya pun tidak rumit. Namun, kadang-kadang prosesnya bisa menimbulkan kebingungan, terutama kalau kamu belum pernah mengajukan kredit. Nah, untuk kamu yang tertarik mengajukan kredit laptop online, yuk simak tips berikut ini!

Tips Mengajukan Kredit Laptop Online

tentukan laptop yang akan dipilih Sumber: Freepik

Agar kredit laptop online tetap aman buat kantongmu, jangan terburu-buru melakukan transaksi. Sebelumnya, lakukan hal-hal berikut ini untuk meminimalisir risiko

1. Tentukan dulu laptop yang diinginkan

Sebelum mengajukan kredit laptop online, pilih laptop yang kamu inginkan. Cek spesifikasinya, pastikan benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Misalkan kamu bekerja sebagai seorang video editor, periksa komponen prosesor dan graphic card, kemudian cek kapasitas RAM dan memorinya. Sebab, komponen-komponen tersebut sangat penting dalam pekerjaan video editing.

Selain spesifikasi, jangan lupa juga untuk memeriksa harga laptop. Bagian ini sangat penting karena akan menentukan besaran cicilan yang harus kamu bayar nanti. Laptop dengan harga mahal tentu memiliki jumlah cicilan yang besar meski lebih ringan karena pembayarannya melalui kredit.

2. Survei penyedia jasa kredit online

Tips kredit laptop online selanjutnya adalah menyurvei penyedia jasa kredit. Sekarang ini, ada banyak sekali penyedia kredit online. Namun, bukan berarti kamu bisa asal pilih. Justru sebaliknya, dengan makin banyaknya pilihan, kamu harus semakin berhati-hati memilih.

Untuk bisa menemukan penyedia jasa kredit online yang tepat, bisa dibilang gampang-gampang sulit. Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah memastikan perusahaan penyedia kredit laptop online telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, kamu juga bisa mengecek testimoni dari pengguna jasa sebelumnya. Tak ada salahnya juga untuk meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat.

3. Pahami syarat dan bunganya

Jika sudah menemukan beberapa opsi penyedia jasa kredit laptop online, langkah yang dilakukan berikutnya adalah memeriksa syarat dan bunga kredit. Bagian ini akan sangat membantu kamu menentukan mana penyedia kredit yang harus dipilih.

Cek bagian persyaratan dan pastikan tidak ada syarat yang tidak memberatkan dan mencurigakan. Kemudian, cari tahu tata cara pembayaran cicilan tiap bulannya dengan detail. Tanyakan hal ini kepada pihak penyedia jasa dan usahakan tidak ada detail yang terlewat. Tidak perlu terburu-buru di bagian ini agar kamu bisa menemukan penyedia kredit terbaik.

4. Minta simulasi cicilan

Bagian ini sering lupa ditanyakan, padahal sebenarnya penting. Simulasi cicilan akan memberimu gambaran bagaimana kredit dibayarkan tiap bulannya. Bagian ini mirip dengan cara menghitung kredit laptop. Kebanyakan perusahaan penyedia kredit biasanya menampilkan informasi simulasi cicilan di website atau aplikasi mereka.

Dengan mengetahui simulasi cicilan kredit, kamu akan mendapat gambaran yang lebih jelas tentang pembayaran, mulai dari tenor kredit hingga jumlah dana yang harus kamu keluarkan tiap bulannya. Tahap ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menanyakan mekanisme denda jika kamu terlambat membayar cicilan.

5. Pakai e-commerce

Tips selanjutnya adalah menggunakan e-commerce. Sekarang ini, kredit laptop online telah terintegrasi dengan e-commerce. Bahkan, beberapa e-commerce telah menyediakan layanan kredit online untuk berbagai jenis barang, termasuk laptop.

Namun, perlu diingat, e-commerce biasanya menerapkan biaya tambahan untuk kredit yang kamu ajukan. Meski begitu, sering kali biaya administrasi yang diterapkan oleh e-commerce terbilang miring, terutama jika dibandingkan dengan kredit dari toko laptop langsung.

Cara Menghitung Kredit Laptop

cara menghitung kredit laptop online Sumber: Freepik

Nah, sekarang mari membahas tentang cara menghitung kredit laptop. Berikut simulasi menghitung kredit laptop online:

Tuan Budi ingin membelikan laptop untuk putrinya yang akan masuk kuliah. Ia ingin membeli laptop Asus Vivobook Ultra 15 dengan harga Rp8.760.000. Di sebuah penyedia kredit online, bunga kredit yang ditawarkan adalah 2,60% dengan tenor 3 bulan. Berapa cicilan yang harus dibayar Tuan Budi?

  • Harga laptop: Rp8.759.000
  • Bunga kredit: 2,60%
  • Tenor kredit: 3 bulan
  • Cicilan pokok : Rp8.760.000 : 3 bulan = Rp2.920.000
  • Bunga : (Rp8.760.000 x 2,60%) : 3 bulan = Rp75.920
  • Cicilan per bulan : Rp2.920.000 + Rp75.920 = Rp2.995.920

 

Jadi, cicilan kredit laptop online yang harus dibayar Tuan Budi tiap bulannya adalah sebesar Rp2.995.920.

Agar bayar cicilan kredit laptop online makin mudah, yuk gunakan aplikasi Flip! Dengan fitur bebas transaksi, kamu bisa bayar cicilan lewat transfer bank dan e-wallet bebas biaya administrasi. Aplikasi Flip tersedia gratis di App Store dan Play Store, segera download sekarang!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi