mural
homeforward
3 Cara Mudah dan Praktis Cek Mutasi Rekening BCA

3 Cara Mudah dan Praktis Cek Mutasi Rekening BCA

Kamu nasabah baru BCA dan butuh mutasi rekening? Kalau iya, baca artikel ini sampai habis. Sebab, kamu akan mempelajari tiga cara mudah untuk mengecek mutasi rekening BCA tanpa harus antre di kantor cabang. Tanpa bertele-tele, langsung simak saja ulasan berikut.   

Baca juga: Cek Kode Transfer dan Cara Isi ShopeePay BCA dengan Cepat dan Mudah

Fungsi Mutasi Rekening BCA 

mutasi bca

Sumber: Kompas

Mutasi rekening merupakan layanan yang diberikan pihak bank pada nasabah untuk mengetahui riwayat transaksi mereka. Fungsinya sendiri tergantung pada jenis rekening yang dimiliki, yakni rekening perorangan dan rekening bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut kegunaan mutasi rekening sesuai dengan jenis rekening yang dimiliki. 

1. Rekening perorangan 

Bagi pemilik rekening perorangan, mengecek mutasi rekening dapat membantu mengetahui riwayat transaksi keuangan pribadi. Selain itu, mutasi juga bisa digunakan untuk mengetahui keluar masuknya dana. Dengan begitu, keuangan pribadi pun bisa lebih mudah diatur. 

2. Rekening bisnis 

Bagi pemilik rekening bisnis, mengecek mutasi rekening dapat membantu meningkatkan jalannya usaha. Misal, dengan mengecek mutasi, pebisnis bisa mengetahui dengan mudah apakah klien sudah melunasi pembayaran pesanan atau belum. Hal ini juga dapat meminimalkan risiko salah transfer maupun tindak penipuan. 

Selain kedua manfaat di atas, mutasi rekening BCA juga dapat digunakan untuk memenuhi syarat dari jenis keperluan lain. Di antaranya adalah pengajuan pembuatan VISA dan pengajuan pinjaman. Kedua keperluan tersebut biasanya memerlukan riwayat transaksi bank setidaknya selama 3 bulan terakhir.   

3 Cara Cek Mutasi Rekening BCA 

cek mutasi rekening bca

Sumber: IDXChannel

Mengecek mutasi rekening dapat dilakukan di kantor cabang BCA, tepatnya melalui teller bank. Cara ini cocok bagi kamu yang ingin mengetahui riwayat transaksi rekening dengan periode lebih dari satu bulan. Jika kurang dari itu, metode ini sebenarnya kurang praktis. 

Sebab, kamu harus meluangkan waktu untuk datang ke bank dan bahkan harus antre menunggu giliran. Tapi tenang saja, masih ada cara lain yang lebih praktis untuk mengecek riwayat transaksi rekening BCA-mu. Bagaimana saja caranya? Berikut tiga cara praktis untuk mengetahui mutasi rekening bagi nasabah BCA. 

1. Cek Mutasi Lewat klikBCA 

KlikBCA adalah layanan internet banking yang disediakan oleh BCA. Metode ini berlaku bagi kamu yang sudah melakukan registrasi klikBCA. Kalau belum, silakan registrasi dulu di kantor cabang atau lewat ATM BCA. Saat registrasi, kamu hanya perlu menunjukkan kartu identitas diri dan nomor rekening. 

Setelah itu, kamu akan langsung memperoleh user ID lengkap dengan PIN yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan layanan klikBCA. Setelah terdaftar, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mengecek mutasi. Berikut cara melihat mutasi rekening BCA via klikBCA: 

  1. Buka browser di smartphone, tablet, komputer, atau laptop dan kunjungi laman klikBCA di www.klikbca.com. 
  2. Untuk masuk ke rekening personal, tekan opsi “Login” pada kotak dengan tulisan “individual”. Untuk rekening bisnis, tekan “Login” pada kolom “bisnis”. 
  3. Masukkan user ID beserta PIN klikBCA ke kolom yang sudah disediakan. Klik “Login”. 
  4. Klik “Informasi Rekening” > “Mutasi Rekening”. 
  5. Pilih opsi “Mutasi Harian” kalau kamu ingin melihat riwayat transaksi pada tanggal tertentu. Ingat, rentang waktu maksimal dari mutasi harian adalah 31 hari. 
  6. Pilih opsi “Mutasi Bulanan” kalau kamu ingin melihat riwayat transaksi pada bulan tertentu. Rentang waktu maksimal dari opsi ini adalah 2 bulan.   

2. Cek Mutasi Lewat BCA Mobile 

Sama seperti klikBCA, kamu juga harus memiliki akun m-Banking BCA terlebih dahulu untuk menggunakan metode pengecekan mutasi ini. Untuk mengaktifkan layanan tersebut, kamu harus datang langsung ke kantor cabang sambil menyiapkan kartu ATM, KTP, dan nomor ponsel aktif. 

Jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi BCA Mobile di Play Store atau App Store. Jika sudah aktivasi m-Banking BCA, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui mutasi rekening. 

  1. Buka BCA Mobile dan pilih opsi “m-BCA”. 
  2. Masukkan kode akses yang sudah kamu dapatkan. 
  3. Tekan “m-Info” dan pilih “Mutasi Rekening”. 
  4. Tentukan periode yang ingin kamu lihat riwayat transaksinya. 
  5. Klik “Kirim”.   

3. Cek Mutasi Lewat ATM BCA 

Cara satu ini bisa digunakan bagi nasabah yang tidak memiliki akun klikBCA maupun BCA Mobile. Berikut cara cek mutasi di ATM BCA. 

  1. Datangi ATM BCA terdekat. 
  2. Masukkan kartu debit/kredit BCA dan 6 digit PIN. 
  3. Pilih opsi “Transaksi lainnya” > “Informasi”. 
  4. Tekan opsi “Mutasi Rekening” dan tunggu sampai struk mutasi keluar. 

Sebagai catatan, mutasi lewat ATM BCA hanya menampilkan 5 riwayat transaksi saja.   

Baca juga: Cara Top Up Flazz BCA dan Mengatasi Masalahnya

Itu tadi tiga cara mengecek mutasi rekening BCA. Kalau kamu ingin transfer ke rekening bank lain tapi terkendala biaya administrasi, Flip bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan Flip, transfer ke bank lain tak akan dikenai biaya alias gratis*. Yuk, unduh aplikasinya sekarang juga untuk merasakan kemudahan transaksi lainnya bersama Flip.

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi